Kamis, 14 Agustus 2008

Bawang MeraH

Bawang Merah

Saya akan bagi pengetahuan apa sih manfaat bawang merah??!!kenapa kali ini saya ambil topic bawang merah karena saya termasuk yang suka sekali makan bawang merah baik dimakan mentah sebagai penafsu makan maupun yang sudah dimasak sebagai pengharum makanan.Bawang merah merupakan rumpun mercury (air raksa) yang memiliki bau yang menembus tajam. Bawang merah sering digunakan para ibu rumah tangga untuk memasak dan siapa sangka bawang merah banyak sekali kegunaannya dibidang kesehatan.

Para ilmuwan dari kalangan dokter dahulu kala menyanjung manfaat bawang merah dengan mengatakan ; “bahwa mengonsumsi bawang merah atau dimasak dapat memerahkan wajah dan melawan bahaya racun, menguatkan perut, membangkitkan dan menguatkan gairah seks, melunakkan dahak lender, membuka penyumbatan, memperlancar dan memperhalus usus, menyembuhkan penyakit kulit (gatal-gatal), juga dapat menyembuhkan batuk dan kekasaran pada dada, menyembuhkan rasa sakit pada pundak dan pinggul. Air bawang jika digunakan celak mata yang dicampur madu, berfaedah menyembuh lemah pandangan mata dan air yang keluar dari mata. Jika diteteskan pada telinga dapat memperbaiki pendengaran, dengungan ditelinga dan menahan cairan nanah..Namun demikian para ilmuwan masa lampau juga mengatakan bahwa jika berlebihan mengonsumsi bawang merah akan menimbulkan campuran buruk dalam perut (usus), dan membuat sakit kepala, bersin-bersin, menjadi pelupa dan membuat bau mulut tidak sedap.

Ibnu sina berkomentar tentang bawang merah dengan berkata;” Bahwa tunas bawang merah dapat menghilangkan penyakit kulit yang berwarna putih karena kehilangan pigmen dan dapat berfungsi membersihkan penyakit yang merontokkan rambut di kepala. Jika dicampur dengan garam maka akan mampu menghilangkan kutil. Air bawang dapat membersihkan luka-luka dan jika airnya dihirup dapat membersihkan kepala. Bawang yang dimasak banyak mengandung gizi.”Bersambung……..


Tidak ada komentar: