Jumat, 19 Februari 2010

TIPS MEMBELI KACAMATA


Cerita ini hanya sekedar berbagi. Kebetulan juga sebagai pengalaman pribadi diri sendiri dan juga beberapa dari sahabat.



Untuk kita yang memiliki mata minus (yah mungkin ada sedikit kekurangan kesehatan) tentunya tidak sedikit yang perlu tambahan alat bantuan. Salah satunya ya Kacamata Minus. Berikut tips bagi yang terbiasa mengupdate kacamatanya setiap tahun… dan juga bagi yang baru membeli kacamata.
A. Untuk yang baru membeli kacamata

Sebaiknya periksakan dulu ke Optik, tetapi jangan membeli dulu. Ini sebagai patokan kita perlu ke Dokter atau Tidak. Biasanya gejalanya timbul ketika ada masalah pada saat membaca tulisan yang sedikit lebih kecil. (Biasanya gratis).

Gejala minus biasanya kabur penglihatan, jika ada rasa pusing yang sangat jika focus pada obyek ini menandakan ada kondisi atau gejala minus silinder. Untuk silinder memang harus menggunakan kacamata agar tidak gampang pusing.

Jangan tergiur perkataan optic, jika tidak menggunakan kacamata, minusnya akan bertambah besar. Sesuai keterangan dokter pada saat pemeriksaan. Biasanya usia di atas 20an Minusnya tidak akan bertambah tinggi, jika ada penambahan itu juga tidak signifikan dan tidak mempengaruhi nilai minus pada kacamata.

Tetapi jika optic mengatakan harus memakai kacamata, sebaiknya periksa dulu ke dokter spesialis mata untuk memastikan nilai focus kacamata yang diperlukan. Sebaiknya juga periksa yang dirumah sakit saja. Bila ingin berpamitan kepada optic bisa dengan cara yang halus agar tidak membuat jengkel. Mungkin dengan alasan “Pastiin dulu ke dokter perusahaan, mungkin nanti akan kembali untuk kacamatanya”.

Dalam pemeriksaan dokter, belum tentu anda harus membeli kacamata. Mugkin hanya akan diberikan obat tetes mata untuk rileksasi focus mata anda agar tidak lelah. Itulah gunanya cek di dokter rumah sakit.

Setelah mendapatkan rujukan baru membeli kacamata di Optic. Yang penting saat pembelian, nilai focus akan di cek ulang dengan sebuah alat. Entah apa namanya biar pas aja. Kalo udah ada duitnya ya beli deh….

B. Untuk yang upgrade tahunan.

Untuk yang ini boleh ke dokter dulu atau langsung ke optic. Untuk lebih yakinnya bisa ke dokter dulu. Namun jika sudah akan membeli, di optic juga ada untuk pengukuran ulang nilai minus. Seperti kami katakan dari pemeriksaan. Usia 20an ke atas nilai minus tidak akan bertambah.

Setiap upgrade untuk ganti lensa dan frame. Bawa surat keterangan kacamata lama sebagai ukuran awal bagi optic.

Pastikan ukur ulang nilai focus kacamata anda. Mungkin saja lensanya sudah tidak focus untuk mata anda. Tanyakan kepada optic untuk hal ini ya.

Kalo sudah semua proses yang di atas ya tinggal belinya aja. Jangan lupa bayar ya… hehehe…

C. Untuk pemilihan frame

Seperti kita ketahui model frame saat ini beragam dan juga dengan harga yang sangat bervariasi. Modelnyapun sudah bemacam-macam.

Sebaiknya pilih frame yang berbahan plastic/mika. Atau berbahan besi aluminium yang berlapis karet bening. Ini agar tidak mudah berkarat. Jangan yang berlapis plastic tipis, ini mudah terkelupas dan berkarat.

Sesuaikan harga dengan dana yang ada di kocek anda ya.

Untuk model terserah anda.

diambil dr blog kawan sesama pecinta blog

Tidak ada komentar: