Minggu, 16 Mei 2010

Innalillahi...




aku hanya teringat anak-anak NTB yang busung lapar......

aku hanya teringat tetanggaku yang tidak mampu menyekolahkan anaknya karena dia cuma jadi tukang becak angkut barang di pasar

aku cuma teringat seorang bapak yang menggendong mayat anaknya karena tak punya uang untuk sewa ambulan

aku cuma teringat seseorang yang terpaksa 'menjual diri' karena tak punya uang untuk beli makanan, padahal tetangga-tetangganya bermobil sedan mengkilat

aku cuma teringat anak-anak yang lulus UAN tapi tak bisa lanjut sekolah karena uang tidak ada

aku cuma teringat kisah sekeluarga yang gantung diri karena tak punya harapan untuk mencari nafkah di hari esok

aku cuma teringat para pengungsi aceh yang masih tidur di tenda sampai hari ini

aku cuma teringat orang-orang yang bergotong royong untuk korupsi APBD

aku cuma teringat seorang anak kecil, yang gantung diri karena tak punya uang buat bayar SPP

aku cuma teringat....aku cuma teringat.....kalau semua itu berlangsung di Indonesia yang negaranya berpenduduk muslim terbesar di dunia

aku cuma teringat surat al Ma'un

aku juga teringat....

di tengah ketakberdayaan saudaraku di Palestina, rata-rata dua profesor di universitas-universitas amerika berasal dari palestina

rata-rata para dosen di universitas timur tengah, berasal dari palestina

sementara indonesiaku....yang katanya gemah ripah loh jinawi, lumbung makanan, penghasil oksigennya dunia.....negara berpenduduk muslim terbesar di dunia.....

ternyata.......

ah, surat al ma'un.....apakah kau hanya akan jadi pusaka saja di rak-rak buku?

kasihan kau.....

Tidak ada komentar: